Plafon Buat Rumah Makin Indah

Plafon Buat Rumah Makin Indah - Plafon secara definisi merupakan daerah pembatas antara atap dan ruangan di bawahnya dengan ketinggian berkisar antara 2,80 - 3,80 m.

Plafon rumah memiliki banyak fungsi. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kondisi suhu di dalam ruangan akibat sinar matahari yang menyinari atap rumah.

Udara panas di ruang atap ditahan oleh plafon sehingga tidak langsung mengalir ke ruang di bawahnya sehingga suhu ruang tetap terjaga.


Plafon juga berfungsi untuk melindungi ruangan rumah dari rembesan air yang masuk dari atas atap, menentralkan bunyi bising pada atap pada saat hujan.

Selain itu juga plafon dapat membantu menyembunyikan instalasi listrik dan struktur atap sehingga ruang interior tampak lebih indah.

Namun saat ini, fungsi plafon juga telah mengalami perluasan persepsi, tak hanya mengakomodir fungsi-fungsi di atas, desain plafon saat ini juga dirancang sedemikian rupa sebagai pemberi kesan estetika pada ruangan.

Bentuk dan model plafon juga sangat bervariatif, mulai dari bahan triplek, kayu hingga gypsum. Untuk bahan dasar pembuat plafon dari gypsum biasa digunakan mulai dari rumah sederhana sampai rumah mewah. Selain itu, bahan gypsum bisa membuat plafon rumah menjadi lebih indah. Harga gypsum (gipsum) pun relatif bersaing bila dibandingkan dengan jenis bahan lain dengan fungsi yang sama.

Kelebihan dari gypsum juga lebih fleksibel untuk dibentuk sesuai dengan keinginan perancang, selain memiliki daya tahan dan tingkat stabilitas tinggi.

Penggunaan plafond partisi gypsum (gipsum) sangat cocok untuk memperindah tampilan awal dari interior bangunan. (net/jpnn)

Memilih Plafon Sesuai Rumah
Bagi Anda yang bingung dan belum paham mengenai bahan-bahan maupun bagaimana cara memilih plafon rumah yang baik, berikut ini tips yang bisa digunakan yaitu mengenali bahan-bahan dasar plafon rumah.Bagi plafon rumah dengan bahan dasar kayu atau triplek, tidak tahan jika terkena air, terutama plafon berbahan triplek akan cepat mengembang jika terkena rembasan air.

Untuk plafon dengan bahan dasar asbes, sekilas memang terkesan lebih baik dari pada plafon berbahan kayu. Bahannya ringan memudahkan pengguna untuk dapat menggantinya atau memperbaikinya apabila terjadi kerusakan. Namun badan dasar ini tidak tahan benturan sehingga mudah patah.

Sedangkan plafon rumah dengan bahan dasar fiber semen pada GRC (Glassfiber Reinforced Cement) terdiri dari campuran gypsum, semen, pasir dan serat glassfiber. Plafon ini sudah banyak diaplikasikan di rumah tapi tak tahan benturan. (net)

Sumber:
http://sumutpos.co/2013/03/53433/plafon-buat-rumah-makin-indah