Rumput Gajah Perindah Halaman Rumah

Rumput Gajah Perindah Halaman Rumah - Bagi Anda yang tidak ingin halaman rumah terlihat gersang dan berdebu atau becek saat hujan tiba dikarenakan tidak ada penahan panas debu atau air hujan, tentu sangat bagus bila kita tanam rumput hias khusus untuk halaman. Nah ada banyak rumput yang biasa digunakan di halaman rumah, seperti rumput jepang dan rumput gajah.

Rumput Jepang biasanya gatal kalau terkena kulit karena ujungnya runcing, sehingga rumput ini biasa digunakan di sisi kiri dan kanan halaman rumah untuk menghindarkan anggota keluarga atau anak bermain di atas rumput tersebut.


Sedangkan rumput gajah, lebih lembut jika terkena kulit sehingga cocok untuk tempat bermain anak. Selain bagus untuk tempat bermain anak, kelebihan rumput gajah mampu menahan pertumbuhan rumput-rumput lainnya.Kehadiran rumput dihalaman rumah juga akan menambah bagus desain eksterior rumah.

Cara menanam rumput gajah dihalaman rumah sebaiknya tidak asal tanam. Anda harus memperhatikan dan menyiapkan kebutuhan yang nantinya diperlukan.

Seperti cangkul, sekop kecil, pupuk serta rumput gajah. Penanaman sebaiknya dilakukan disemua bagian halaman rumah, agar nantinya rumah dikelilingi atau dibagian depannya menjadi penuh dengan lantai rumput yang hijau. bangun juga drainase dipinggirnya tidak perlu terlalu besar, ataupun kalau besar untuk aliran air di bagian bawahnya saja, atasnya nanti ditutup tanah dan rumput gajah. Berikut beberapa cara menanam rumput gajah dihalaman rumah:

1. Siapkan rumput gajah mini yang akan ditanam.
Untuk 1 meter persegi bibit rumput gajah mini biasanya cukup untuk menutupi halaman rumah seluas 6 sampai 8 meter persegi, jarak tanamnya antar bibit bisa sekitar 8 x 8 cm saja dengan jumlah bibit yang ditanam antara 3 sampai empat bibit saja.

2. Sebelum penanaman rumput sebaiknya Anda menggemburkan terlebih dahulu tanah di halaman rumah.
Anda juga bisa memvariasikan tanahnya dari bentuk atau kontur nya, bisa membuat gundukan kecil dan lain sebagainya. Setelah itu, beri pupuk kandang yang sudah kering agar tidak bau nantinya. Jika sudah ditanam, siram dengan air agar pori-pori tanah menjadi basah.

3. Penyiraman harus dilakukan secara rutin pagi dan sore.
Saat rumput berumur dua minggu maka rumput akan mulai tumbuh. Saat inilah Anda harus memberinya pupuk urea, cara memupuknya yaitu dengan mengencerkan pupuk tersebut dengan air dan menyiramnya. untuk 10 meter persegi rumput gajah yang ditanam dihalaman rumah biasanya sekitar 0,5 Kg saja. Nanti saat rumput gajah sudah berumur satu bulan setengah, Anda sebaiknya memberikan pupuk urea lagi.

4. Dalam 2 bulan, sudah bisa terlihat hasilnya dan semakin lama maka akan terlihat semakin bagus dan rapat.

Kini taman rumah Anda menjadi lengkap dengan tumbuhnya rumput gajah di halaman rumah. (bbs/jpnn)

Silakan dibaca juga Tips Merancang Rumah Minimalis.

Sumber:
http://sumutpos.co/2013/04/56079/rumput-gajah-perindah-halaman-rumah