Rumah Kuno Dijual di Solo

Semakin Cantik dengan Keramik

Semakin Cantik dengan Keramik - Keramik yang akan digunakan pada suatu ruang kamar mandi basah memiliki kebutuhan tersendiri. Berikut beberapa kiat untuk memilihnya.

Pemilihan keramik lantai yang tepat tergantung pada tipe kamar mandi yang diinginkan. Semua pilihan lantai harus cocok untuk digunakan secara aman bahkan dalam kondisi basah sekalipun. Kalau pengguna kamar mandi adalah anak-anak dan orang tua, prioritaskan masalah keamanan. Sebaiknya gunakan keramik lantai yang bertekstur atau memiliki permukaan anti slip (tidak licin) karena sering ada air/ kelembaban.

Sedangkan keramik dengan permukaan glossy atau yang tidak bertekstur berat lebih disarankan dipakai pada keramik dinding kamar mandi. Hal ini membuat kamar mandi akan mudah dibersihkan dari sisa sabun ataupun jamur/lumut.

Untuk keramik lantai perlu diperhatikan arah aliran air. Karena sering kecipratan air maka perlu diarahkan kemiringan lantai menuju arah pembuangannya (sekitar 1%). Ukuran lantai yang tidak terlalu besar akan membantu mengarahkan aliran air tersebut.

Pemilihan disain keramik untuk lantai dan dinding kamar mandi akan sangat menentukan hasil akhir yang sesuai dengan tema kamar mandi yang diinginkan. Keramik dekoratif seperti listello, inserto atau panel pada keramik dinding akan memberikan suasana/disain yang lebih baik dan mendukung tema pilihan tersebut.

Menurut laman romanceramics, unsur lainnya yang perlu diperhatikan adalah keserasian layout dan besaran ruangan. Jika ruangan terbatas, maka penggunaan keramik berukuran besar akan membantu kesan ruang kamar mandi lebih besar. Demikian pula ukuran keramik yang memanjang secara horizontal bisa membantu kesan tersebut.(tom)

Tips Memilih Keramik
1.      Sesuaikan harga dengan kantong anda.
2.      Jika kamar mandi anda tidak terlalu luas,jangan gunakan jenis keramik yang lebar, sebaiknya gunakan  untuk dinding keramik kamar mandi ukuran 20×25 atau 25×40.
3.      Untuk keramik lantai kamar mandi jangan sekali-kali anda pilih yang licin, carilah yang permukaannya  kasar.
4.      Untuk pemasangan yang bagus pada keramik kamar mandi, pilihlah keramik yang ukurannya sama besar dan sudut siku 90 derajad.

Sumber:
http://sumutpos.co/2013/02/52143/semakin-cantik-dengan-keramik