Tips Membersihkan Dapur

Tips Membersihkan Dapur - Ruang-ruang di dalam rumah, termasuk dapur, dengan dominasi warna putih dapat terasa dingin, steril, dan tidak “hangat” bagi penghuni rumah. Padahal, dapur yang terintegrasi dengan ruang makan dapat menjadi tempat berkumpul dan bercengkerama sangat nyaman.

Untuk itulah, jika menginginkan dapur lebih terang, umumnya pemilik rumah memilih nuansa putih yang lebih dalam, yaitu krem atau kuning gading. Memang, tak ada salahnya mengecat dinding dapur dengan warna putih, serta menggunakan backsplash yang juga putih. Anda hanya perlu sedikit trik untuk membuat ruang tersebut lebih “hangat”, dan tentu saja cantik, serta seksi. Berikut ini caranya:

Gunakan penggabungan
Cara pertama adalah menggabungkan nuansa putih, abu-abu, dan kayu. Pilihlah perlengkapan memasak dengan bahan stainless steel untuk menyeimbangkan unsur-unsur lain dalam dapur. Gunakan lantai kayu, meja, dan kursi makan berbahan kayu.

Kayu merupakan kunci utama dalam mendapatkan kesan “hangat” dalam dapur. Balok-balok kayu terekspos sebagai pilar, atau yang berjejer di langit-langit dapat memberikan kesan tersendiri. Elemen ini memberikan karakter pada dapur modern bernuansa putih milik Anda.

Investasi lantai
Cara kedua, jika Anda benar-benar ingin memenuhi dapur dengan warna putih, cobalah memusatkan perhatian dengan berinvestasi pada lantai kayu bercorak. Lantai tersebut membuat dapur tidak akan membosankan. Jangan lupa, padukan juga berbagai elemen seperti kaca dan aluminium untuk memberikan aksen tanpa mengusik nuansa putih.

Pencahayaan
Selain menempatkan unsur kaku, Anda juga bisa menyertakan pencahayaan bagi dapur Anda. Pastikan Anda menyediakan pencahayaan alami lewat jendela-jendela berukuran besar dengan posisi tepat.

Namun, bila konstruksi rumah tidak memungkinkan pembuatan jendela, Anda bisa memilih warna putih. Langkah ini sangat tepat, sebab warna tersebut mampu memantulkan cahaya artifisial dengan baik.

Perabot aneka warna
Cara lain untuk membuat dapur bernuansa putih lebih “berwarna” adalah dengan benar-benar menghadirkan barang atau perabot beraneka warna di dalamnya. Sebagai contoh, pajanglah karya seni atau peralatan makan dengan warna mencolok di dapur. Selain fungsional, peralatan makan tersebut dapat menjadi hiasan unik.

Sedikit catatan bagi Anda, warna putih dapat membuat dapur berukuran kecil terasa lebih luas. Di sisi lain, warna putih juga mampu menjadi penyatu antara dapur dan ruang lain bagi rumah berkonsep open space yang lapang. Namun, warna putih tidak sekedar putih. Sebelum membeli cat dalam jumlah banyak, cobalah beberapa merk cat dan gunakan cat tersebut pada satu area dapur Anda. Perhatikan efek yang diberikannya pada waktu malam dan siang hari, dengan cahaya alami dan buatan. Pilihlah nuansa putih yang menurut Anda paling cocok dengan selera Anda.(net/jpnn)

Sumber:
http://sumutpos.co/2013/04/55183/tips-mebersihkan-dapur