Tips Memilih Keramik

Tips Memilih Keramik - Keramik adalah salah satu bahan finishing untuk melapisi lantai maupun dinding tetapi tak jarang juga yang memanfaatkan keramik hanya untuk pernak-pernik saja. Saat ini sudah muncul beragam model maupun bentuk dari keramik itu sendiri.

Hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi yang akan membeli keramik untuk bahan lapisan finishing lantai maupun dinding. Banyak orang condong tertarik dari keramik hanya melihat dari warna dan corak saja.

Akibatnya banyak juga yang salah dalam menempatkan jenis keramik kedalam ruangan rumah. Misalkan keramik lantai kamar mandi dipasang dalam teras, keramik teras dipasang dalam garasi mobil, dll. Padahal masing–masing jenis keramik memiliki karakteristik yang berbeda–beda.

Untuk keramik yang akan dipasang pada garasi mobil, sebaiknya menggunakan keramik yang kuat menahan beban berat agar tidak mudah retak ketika setiap hari menumpu beban mobil yang diparkir.

Berbeda dengan lantai kamar mandi, keramik untuk lantai kamar mandi memiliki karakteristik yang tidak licin ketika terkena air pada saat kita mandi. Aktifitas penghuni rumah serta kondisi ruangan sangat mempengaruhi dalam menentukan jenis keramik.

Sebenarnya kita tidak terlalu sulit untuk memilih jenis keramik untuk diaplikasikan ke dalam ruangan rumah. Biasanya setiap pabrik pembuat keramik akan mengeluarkan brosur–brosur produk yang mereka keluarkan.

Di dalam brosur tersebut kita bisa pelajari warna dan corak yang kita inginkan serta yang gak kalah pentingnya adalah ketepatan untuk mengaplikasikan keramik tersebut sesuai dengan fungsi ruangan di dalam rumah.

Denganselarasanya antara fungsi keramik ini maka akan menambah nilai posif rumah yang kita bangun. Selain janganmalas dan ragu untuk selalu berkonsultasi dengan para arsitek danpihak toko bangunan dalam memilih keramik yang cocok dan digunakan. (net/jpnn)

Sumber:
http://sumutpos.co/2013/01/49832/tips-memilih-keramik